Loading...

Senin, 27 Maret 2017

VIDEO: Heboh! Manusia Kerdil Tertangkap Kamera di Hutan Aceh, Apakah Suku M@nte?

author photo
(foto: fredography/youtube)
MEDANSATU.COM, Aceh – Penampakan makhluk kecil berukuran pendek di belantara Aceh membuat heboh. Video tentang penampakan yang disebut-sebut sebagai orang Mante, suku asli Aceh inipun langsung viral, Minggu (26/3/2017).
Video penampakan suku Mante itu pertama kali diunggah oleh pemilik akun Fredography di youtube, langsung menyebar ke Facebook dan Instagram. Benarkah sosok kerdil misterius berkulit putih itu orang M@nte?

Dalam video berjudul: ‘Ini yang lagi Heboh. Penampakan makhluk kecil di hutan belantara Aceh’ itu terlihat, awalnya komunitas trail sedang lintas trek di salah satu hutan di Aceh. Saat motor melaju kencang, tiba-tiba pengendara yang ada di depan terjatuh karena nyaris menabrak sosok kecil yang tiba-tiba melintas, hendak menyeberang jalan.
Ini videonya:

Sosok kecil tersebut tak mengenakan baju, hanya mengenakan cawat dengan kepala plontos. Semua kejadian itu terekam oleh kamera Go Pro yang ada dipasang di helm salah satu pengendara.
Pengendara tersebut lalu melakukan pengejaran, saat semakin mendekat, sosok kecil tersebut langsung masuk ke rimbunan semak-semak. Sayangnya, dalam video tersebut tak dijelaskan detail lokasi penampukan makhluk kerdil itu.
Saat ditanya wartawan Kapendam Iskandar Muda Kolonel Rusdi masih akan mengecek informasi terlebih dahulu dari lapangan. “Nanti saya konfirmasi ke Kodim dulu ya,” kata Rusdi.
Ilustrasi suku Mante. (foto: Laskar Aneuk Rencong)
Namun warga Aceh meyakini sosok mungil itu adalah salah satu Suku M@nte yang berada di wilayah Aceh. Rusdi mengatakan, bisa saja sosok itu merupakan Suku M@nte, namun menurutnya, Suku Mante lazimnya berada di pesisir. “Suku M@nte biasanya di daerah Nagan Raya sana. Nanti saya sampaikan kepastiannya,” sambung Rusdi.
Namun sejarawan Aceh, Rusdi Sufi mengatakan, suku kuno Aceh tersebut yang dikenal memiliki perawakan kecil sudah tak ada lagi. “Suku Mante ini sudah tidak ada lagi. Berdasarkan penuturan lisan di masa lalu, suku M@nte ini berukuran kecil,” katanya.

Rusdi mengatakan Suku M@nte ada jauh hari sebelum Islam masuk ke Indonesia pada abad 12. Suku ini biasanya berada di hutan belantara. “Memang biasanya ada di hutan belantara,” kata Rusdi.
Seiring dengan perkembangan peradaban, Rusi mengatakan, Suku M@nte yang primitif tersebut sudah tidak ada lagi. Sudah ada percampuran dengan para pendatang.
“Ada yang bilang, M@nte ini merupakan suku Aceh yang asli. Tapi yang jelas sekarang identitas orang Aceh ini sudah sulit. Sudah bercampur menjadi satu,” katanya.
Literasi dan dokumentasi mengenai Suku M@nte terbilang tak cukup banyak. Suku ini disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh.
Peneliti Snouck Hurgronje dalam bukunya ‘De Atjehers’ menyebutkan suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto. Disebutkan pula, suku tersebut menjadi salah satu pembentuk etnis Aceh. (sumber: youtube/detik)

loading...

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Loading...