Loading...

Selasa, 01 Agustus 2017

Dokter Kaget Bayi yang Baru Lahir Ini 'Mengandung' Saudara Kembarnya Sendiri

author photo
Dokter Kaget Bayi yang Baru Lahir Ini 'Mengandung' Saudara Kembarnya Sendiri

BANGKAPOS.COM - Suatu hal yang dianggap mustahil baru saja dialami oleh bayi yang baru lahir ini.Seorang bayi laki-laki yang baru lahir ditemukan 'mengandung' saudara kembarnya sendiri.Seorang perempuan berusia 19 tahunlah yang melahirkan bayi tersebut di Mumbra, India.Dokter menemukan bayi lainnya yang baru setengah terbentuk (namun lengkap dengan otak, lengan, dan kaki) berada di dalam perut bayi sehat yang baru lahir itu.
Bayi yang 'mengandung' itu lalu dipindahkan ke Rumah Sakit Titan di Thane untuk dioperasi.Ahli bedah berhasil mengangkat janin berukuran tujuh sentimeter yang diduga sebagai anomali kongenital langka.Dapat juga dijelaskan sebagai kembar parasit yang cacat yang ditemukan di dalam tubuh anak yang masih hidup.
Kasus ini telah terjadi sebanyak kurang dari 200 kasus di seluruh dunia.
Tim dokter yang berhasil mengangkat bayi parasit yang 'dikandung' saudaranya. (thesun.co.uk)
Tim dokter yang berhasil mengangkat bayi parasit yang 'dikandung' saudaranya. (thesun.co.uk) 
"Ini adalah kasus kehamilan kembar monozigot yang berbagi satu plesenta, di mana satu janin membungkus dirinya dan menyelimuti yang lain dan merebut nutrisinya," ujar Dr Neena Nichlani, seorang ginekolog.
"Bayi parasit itu terbaring di belakang perut yang mendapatkan nutrisi dari saudaranya," tambahnya.
Bayi parasit yang diangkat dari tubuh saudaranya itu berukuran enam sampai tujuh sentimeter dan memiliki berat sekira 150 gram dan perkembangannya abnormal.
Ahli radiologi dr Bhavna Thorat sudah melihat kelainan tersebut saat sang ibu melakukan pemindaian rutin di Rumah Sakit Bilal di Mumbra pada awal Juli.
Ketika bayi lahir pada 20 Juli 2017, dia mengamatinya dan menemukan 'bayi kecil lain' di dalam perut bayi yang baru lahir itu.
"Itu (bayi parasit) ada di dalam kantung janin bayi yang baru lahir. Saya bisa melihat tulang di tubuh bagian atas dan bawah janin," ujar dr Thorat.
"Hal unik lainnya adalah saya juga bisa melihat sebuah kepala kecil yang sudah memiliki otak di dalamnya. Namun kembar parasit ini tidak memiliki tengkorak," tambahnya.
(Tribun Jabar/Futhuriyyah Mahendra)
loading...

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Loading...