Loading...

Senin, 27 November 2017

5 "Hal" Ini Tampak Sepele Namun Sebenarnya Merusak Kehidupan Bangsa! Gimana Indonesia Mau Maju Kalo Gini Terus??

author photo
Bener banget nih!!

Seiring berkembangnya zaman, apa kamu merasa gaya hidup anak muda sekarang semakin 'berbeda'?

Hidup ini memang semakin bebas, tapi moral bangsa juga semakin rusak. Setelah dicermati, sepertinya 5 hal sepele ini sudah menggerogoti kehidupan anak muda:

1. Tontonan yang kurang berkualitas.
Teknologi yang semakin maju, secara gak sengaja ternyata malah berdampak pada munculnya tontonan yang semakin tidak berkualitas.

Sekarang sudah banyak sekali akun sosmed yang sewaktu- waktu bisa memutar berbagai video yang tidak layak ditonton generasi muda, seperti video kekerasan, video porno dan sebagainya.. Sinetron jaman sekarang juga banyak yang menceritakan kisah hidup hedon, pacaran, pertengkaran dan lain- lain. Nah, kalo dari kecil tontonannya sudah seperti ini, besarnya mau jadi apa?

2. Gaya Pacaran ABG yang udah kayak suami istri…
 
Bukan maksud menghakimi, tapi fakta ini sudah bisa dilihat dengan mata kepala kamu sendiri diluar sana…
Dari TK udah ngerti pacaran, padahal belum cukup umur, tapi sudah mengerti tentang hubungan intim orang dewasa. Ya, semakin lama gaya hidup anak muda semakin  mirip budaya orang Barat…

3. Kini gadget lebih penting daripada sekolah!
Memang tidak bisa dipungkiri, kalo hari gini gak punya gadget, bisa dianggap gaptek! Diciptakannya gadget memang seharusnya membuat kehidupan lebih praktis, tapi karena anak- anak belum cukup dewasa, akhirnya diri mereka sendirilah yang dikuasai oleh kecanggihan gadget. Terkadang sakin asyiknya main HP, anak- anak sampai lupa tanggungjawab mereka untuk menuntut ilmu. Ujian gak belajar, tugas terbengkalai, akhir- akhirnya kena DO, deh…
4. Pergaulan 'terlalu' bebas yang menjerumuskan!
 
Anak- anak memang harus diberi kebebasan agar bisa berkembang. Namun kalau anak zaman sekarang sudah "terlampau" bebas, sampai hal apapun dicoba oleh mereka, dari merokok sampai ngobat.. Hadeh…
5. Menyontek sudah menjadi hal lumrah
 
Anak zaman sekarang, ujian bukannya belajar, malah sibuk siapin contekan.
Hal contek mencontek atau berbuat curang ini tanpa disadari sudah melekat banget pada jiwa bangsa. Ya, waktu sekolah kerjanya nyontek, udah gede kerjanya korupsi. #ups
Hal berbuat curang ini tidak akan bisa dihentikan kalau  tidak dimulai dari diri sendiri yang ingin berubah.
Nah, sebagai solusi, peran orangtua, guru, dan pemerintah sangatlah penting. Moral bangsa harus dibentuk dengan tegas sejak kecil! Kita sendiri juga harus merefleksi diri masing- masing, kalau merasa diri kamu masih suka melakukan hal yang tidak baik, mending cepet- cepet tobat, agar Indonesia bisa semakin maju! 

@Cerpen.co.id
loading...

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Loading...