Loading...

Jumat, 10 November 2017

Viral! Sebuah Kulkas Meledak! Segera Keluarkan "3 Barang" Ini dari Kulkas atau Kalian akan Menyesal!

author photo
Beberapa waktu yang lalu ada berita bahwa kulkas meledak bukan dikarenakan masalah gangguan listrik. Kulkas ini ternyata meledak karena ditemukan barang yang tidak semestinya diletakkan di dalam kulkas. Apakah kalian dapat menyebutkan barang-barang selain makanan yang mungkin diletakkan dalam kulkas? Apakah mungkin makanan yang kita taruh dalam kulkas dapat menyebabkan kulkas meledak? Mari kita sama-sama temukan jawabannya dan segera keluarkan barang tersebut dari kulkas agar kejadian ini tidak menimpa kita.

Pertama, jangan pernah menaruh minuman bersoda, seperti Coca Cola, Sprite, dan minuman soda lainnya di tempat freezer. 
Sponsored Ad
Minuman soda mengandung banyak gas karbon dioksia, dan ketika kalian mengambilnya dari dalam kulkas, air telah membeku menjadi es, dan karbon dioksida telah terpisah dari air sehingga terkumpul ruang kecil di dalam kaleng. Ruang kecil ini akan menyebabkan kaleng meledak saat kaleng dibuka karena tingginya tekanan gas di dalam kaleng. Di Tiongkok pernah terjadi kasus seorang anak harus mendapat banyak jahitan setelah terkena kepingan kaleng yang meledak saat membuka kaleng minuman soda yang diambil dari freezer.

Kedua, jangan taruh Dry Ice (es kering) dalam freezer.

Suhu freezer yang dimiliki kulkas biasanya berada di bawah -30°C. Suhu ini dapat sangat membantu proses sublimasi dari benda padat ke gas. Perlu diketahui bahwa dalam prosesnya, jika Dry Ice sampai tersublimasi menjadi gas maka volumenya akan menjadi 600-800 kali lebih besar. Bisa kalian bayangkan, di tempat tertutup seperti kulkas dan di dalamnya terdapat volume gas sebesar itu, kulkas akan meledak karena adanya perubahan tekanan yang begitu besar, dan ledakkan yang dihasilkan tidak hanya akan merusak kulkas, tapi bisa juga berbahaya untuk orang di rumah.

Ketiga, barang-barang seperti minuman beralkohol, bensin, dan bahan lainnya yang mudah terbakar juga sangat berbahaya bila dimasukkan dalam kulkas.

Bentuk dan volume kulkas pada dasarnya mampu membentuk area ledakan yang mudah meledak jika terkena percikan kecil sekalipun. Oleh karena itu, sebaiknya jangan meletakkan barang elektronik apapun di atas kulkas, karena elektromagnetik yang dipancarkan dari barang elektronik lainnya mampu memberikan gangguan pada sistem pendingin kulkas, suhu di dalam kulkas bisa menurun dan barang yang ditaruh di dalam kulkas jadi tidak terlalu dingin.
Sponsored Ad
Hal penting lainnya yang harus kita perhatikan adalah, jangan gunakan benda tajam untuk menghilangkan bunga es pada freezer.

Kulkas jaman sekarang kebanyakan menggunakan gas isobutana, merupakan gas yang mudah terbakar dan ditempatkan di salah satu pipa di dalam freezer. Jika kita tidak sengaja menusuk pipa berisi butane ini ketika sedang membersihkan bunga es, butane kemudian akan bercampur dengan oksigen yang akhirnya akan membuat kulkas meledak.

Kulkas merupakan salah satu alat rumah tangga yang diperlukan di rumah, namun jika kalian tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan kulkas dengan baik, kulkas malah akan mengakibatkan banyak kerugian bagi kalian. Mulai sekarang hendaklah kita memilih dengan teliti barang-barang apa saja yang boleh dan tidak boleh diletakkan di dalam kulkas agar kelak kejadian seperti ini tidak menimpa kita.

Sumber: lifehow

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

loading...

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Loading...